Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang

Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang
Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Jombang melaksanakan Rapat Kerja Daerah pada 27-28 April 2016 di Villa Kebon Pakis Pacet, Mojokerto. Salah satu acara dalam kegiatan dua hari tersebut adalah Training ESQ yang dilaksanakan oleh Rumah Cerdas Islami (RCI) pada Rabu, 27 April 2016 di Aula Villa Kebon Pakis. Sebanyak 110 orang peserta mengikuti Training ESQ yang dimulai pada pukul 21.45 dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Para peserta merupakan pengurus dan pengajar Kelompok Belajar (Playgroup) yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Jombang.

Rasa lelah dan kantuk yang tampak pada wajah-wajah peserta hilang seketika saat Ustadz Muhammad Yusuf, S.Psi. hadir dan memberikan icebreaking kepada para peserta. Materi Training ESQ memberikan motivasi kepada para peserta untuk tetap bersemangat mengajar para peserta didik dengan keikhlasan. Sesekali terdengar tawa seru para peserta saat beberapa dari mereka memberikan testimoni seputar pengalaman mengajar di Kelompok Belajar masing-masing. “Inilah kesempatan bagi kami untuk bertukar pengalaman dan saling memberi motivasi. Training seperti ini harus sering kita laksanakan,” demikian disampaikan Luluk Muyasaroh, peserta dari Kelompok Belajar (KB) Al-Hikmah Mojowarno.

Sementara itu Ika Rifa Wardani, peserta kegiatan dari KB Tunas Harapan Megaluh berujar pentingnya dilaksanakan training ESQ untuk guru-guru PAUD agar setiap pendidik anak usia dini bisa menjalankan perannya secara optimal dalam membangun karakter anak. “Guru PAUD bukan hanya mengajarkan mewarna dan menggambar, tetapi juga sebagai komunikator dalam proses pembentukan karakter anak. Training ini sangat bagus karena mengajarkan bagaimana cara guru membangun komunikasi intensif dan menyenangkan dengan para peserta didik,” imbuhnya.

“Mengajar anak-anak usia dini mengharuskan setiap guru PAUD mampu menjadi administrator dalam proses pendidikan anak. Artinya, guru harus menyusun program tahunan, bulanan, mingguan dan harian agar tercapai tujuan pembelajaran anak. Kegiatan malam ini menginspirasi kami untuk lebih professional dalam mengajar, terutama dalam hal disiplin waktu,” ujar Niswatul Laili, peserta kegiatan dari KB Al-Amanah Sumobito yang menyampaikan komentarnya dengan semangat.

Di akhir acara training ESQ Ustadz Muhammad Yusuf, S.Psi. berpesan agar setiap pendidik anak usia dini menjalankan tugasnya dengan amanah, secara profesional dan memiliki tanggungjawab moral terhadap kemajuan masa depan bangsa ini. “Anak-anak kita saat ini adalah para pemimpin bangsa kita di masa tiga puluh tahun mendatang. Meski dengan keterbatasan modal dan minimnya penghargaan, setiap guru PAUD adalah pahlawan untuk negara. Semoga kita bisa memiliki anak-anak yang berakter cerdas fikir, cerdas dzikir dan cerdas amal sebagaimana RCI kembangkan,” ucap Ustadz Yusuf yang segera diamini oleh para peserta.

Dalam training ESQ HIMPAUDI Jombang dan Rumah Cerdas Islami tersebut dilaksanakan aksi peduli sahabat dengan saling membersihkan sepatu peserta lain. Selain itu, sebagai tanda kasih para guru PAUD yang mengikuti training ESQ, HIMPAUDI Kabupaten Jombang mendonasikan bantuan uang tunai kepada anak-anak yatim piatu Jombang. “Semoga bermanfaat bagi pendidikan anak-anak yatim di Kabupaten Jombang,” pungkas Tita Aniqowardani, SPsi, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Jombang di akhir acara.

Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang
Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang
Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang
Training ESQ Rumah Cerdas Islami Untuk Guru PAUD Kabupaten Jombang
About Rumah Cerdas Islami | Pusat Bimbel Islami dan Training Center 42 Articles
Rumah Cerdas Islami (RCI) adalah Pusat Bimbingan Belajar (Bimbel) Islami dan Training Center yang didirikan oleh Yayasan Rumah Cerdas Islami dengan SK KEMENKUM HAM RI No : AHU-0027359.AH.01.04 Tahun 2015. Izin legal formal Rumah Cerdas Islami sebagai lembaga kursus dan pelatihan Nomor : 563/0638/415.21/2016. Adapun maksud dan tujuan Rumah Cerdas Islami adalah sebagi berikut : 1. Bidang Sosial, menyelenggarakan lembaga pendidikan formal & Non Formal 2. Bidang Kemanusiaan, memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat pada umumnya 3. Bidang keagamaan, meningkatkan pemahaman keagamaan serta syiar agama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*