RCI Kembangkan Pendidikan Cerdas Fikir, Cerdas Dzikir dan Cerdas Amal

Aktifitas belajar di Bimbel Islami Rumah Cerdas Islami Jombang (38)
Aktifitas belajar di Bimbel Islami Rumah Cerdas Islami Jombang

Oleh: Ustadzah Siti Mazidah

Dunia anak adalah dunia keceriaan, sekaligus dunia masa yang paling menyenangkan dan masa dimana pertumbuhan rasa keingintahuannya sangat besar. Untuk mewujudkan masa depan anak yang baik tergantung bagaimana orang tua menididik anaknya, dengan tidak membebani anak-anak dengan tanggung jawab diluar kemampuan si anak. Serta mengikuti ajaran Rosulullah tentang bagaimana  mendidik anak yang baik tanpa melanggar syariat Islam.

Mendidik seorang anak dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Namun alangkah baik mendidik seorang anak bisa dlakukan oleh orang tuanya secara langsung dan sedini mungkin dengan tidak menggunakan kekerasan. Mendidik seorang anak haruslah di imbangi dengan pendidikan umum dunia dan pendidikan agama. Pendidikan umum dapat ditempuh di sekolah yang juga biasanya diselingi dengan pelajaran agama. Sedangkan pendidikan agama dapat diperdalam di pendidikan diniyah ataupun tpq, bahkan di bimbingan belajar berkonsep Islami. Bimbel Islami menyediakan program pendidikan dasar Islami yang sesuai untuk program pembelajaran anak sedini mungkin, misalnya Rumah Cerdas Islami (RCI).

Bimbel RCI memiliki tiga slogan pendidikan yaitu cerdas fikir, cerdas dzikir dan cerdas amal dengan memberikan materi-materi khas keagamaan. Sebelum melakasanakan proses belajar mengajar, santriwan-santriwati Rumah Cerdas Islami diajarkan membaca Al-Quran, menulis huruf-huruf Al-Quran, dan hafalan surat pendek. Selanjutnya, menginjak materi khas RCI berisi materi pengetahuan ketauhidan, yaitu tentang Allah, malaikat, Nabi dan Rosul, sifat wajib, rukun iman, rukun Islam dan lain-lain. Selain itu, Bimbel RCI mengajarkan cerdas berbahasa Jawa dan bahasa Inggris, praktek ibadah dan terdapat selingan ice breaking dengan tidak mengesampingkan pendidikan umum, melainkan mengimbangkannya.

Bukan hal itu, Bimbel RCI juga mengajarkan kepedulian antar sesama, misalnya melalui kegiatan rutin menyantuni anak yatim dan agenda mengaji bersama serta sholawat bersama. Aktifitas tersebut dapat menambah kecintaan para santri kepada baginda Rosul dan menjalin persaudaraan antar sesama. Kegiatan akhir pembelajaran Bimbel RCI diselingi dengan kegiatan mendongeng kisah yang bertema salah satu karakter RCI. Mari persiapkan pendidikan anak-anak kita sejak dini dengan membekali mereka cerdas fikir, cerdas dzikir dan cerdas amal.

About Rumah Cerdas Islami | Pusat Bimbel Islami dan Training Center 42 Articles
Rumah Cerdas Islami (RCI) adalah Pusat Bimbingan Belajar (Bimbel) Islami dan Training Center yang didirikan oleh Yayasan Rumah Cerdas Islami dengan SK KEMENKUM HAM RI No : AHU-0027359.AH.01.04 Tahun 2015. Izin legal formal Rumah Cerdas Islami sebagai lembaga kursus dan pelatihan Nomor : 563/0638/415.21/2016. Adapun maksud dan tujuan Rumah Cerdas Islami adalah sebagi berikut : 1. Bidang Sosial, menyelenggarakan lembaga pendidikan formal & Non Formal 2. Bidang Kemanusiaan, memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat pada umumnya 3. Bidang keagamaan, meningkatkan pemahaman keagamaan serta syiar agama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*