Pesan Moral Pendidikan Anak dari Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan Jatirejo, Diwek, Jombang

Pesan Moral Pendidikan Anak dari Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan Jatirejo, Diwek, Jombang
Pesan Moral Pendidikan Anak dari Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan Jatirejo, Diwek, Jombang

Rumah Cerdas Islami melewatkan malam terakhir bulan Sya’ban tahun ini bersama keceriaan para santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Ihsan di Desa Jatirejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Pada Sabtu, 4 Juni 2016 telah dilaksanakan Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan sekaligus Doa Bersama menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Kegiatan tersebut berlangsung dengan khidmat dengan diiringi canda riang para santri yang berhasil mendapatkan penghargaan di sejumlah kategori lomba.

Wisuda santri dan pengajian umum dilaksanakan pada malam hari setelah jamaah sholat isya’ di halaman Masjid Al-Ihsan. Wisuda 90 orang santri TPQ Al-Ihsan dihadiri kurang lebih 250 orang tamu undangan yang terdiri dari para santri, wali santri, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat setempat. Langit malam hari itu tampak bersih dari sapuan mendung sehingga cahaya rembulan dan bintang tampak menghias indah di angkasa Jatirejo. Sama indahnya dengan kegembiraan masyarakat Jatirejo dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini.

“TPQ Al-Ihsan telah mengajarkan membaca dan menulis Al-Quran kepada masyarakat Jatirejo selama sembilan tahun. Semoga kehadiran TPQ ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat disini,” demikian disampaikan Ustadzah Umaidah, Kepala TPQ Al-Ihsan, saat memberikan sambutan di awal acara. Beliau berujar perlunya dukungan wali santri dalam melaksanakan pendidikan anak berdasarkan tuntunan Nabi. “Bagaimanapun, orang tua adalah pendidik terbaik sekaligus penanggungjawab utama keberhasilan masa depan anak-anaknya,” tambahnya.

Senada dengan Ustadzah Umaidah, Bapak Kusnadi, Kepala Dusun Jatirejo menyampaikan pentingnya bimbingan orang tua dalam mendidik anak di tengah pengaruh kemajuan teknologi yang tidak bisa dibendung kehadirannya dalam kehidupan anak. “Terima kasih kepada TPQ Al-Ihsan yang telah membimbing anak-anak Jatirejo dalam mempelajari Al-Quran. Semoga pembangunan fisik masyarakat yang disertai dengan peningkatan ilmu agama bisa memberikan manfaat bagi kehidupan anak-anak itu sendiri, orang tua, keluarga, dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya,” ucapnya dengan penuh antusias.

Pesan Moral Pendidikan Anak dari Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan Jatirejo, Diwek, Jombang Jawa Timur
Pesan Moral Pendidikan Anak dari Wisuda Santri TPQ Al-Ihsan Jatirejo, Diwek, Jombang Jawa Timur

Ustadz Muhammad Yusuf, S.Psi., pendiri Rumah Cerdas Islami malam hari itu berkesempatan menyampaikan tausiyah mengenai akibat baik dan buruk perbuatan anak terhadap nasib kedua orang tuanya kelak di akhirat. Beliau berbagi kisah Islami inspiratif mengenai anak durhaka yang tidak pernah diberikan nasehat kebaikan dan tidak diperintahkan orang tuanya untuk mengaji sehingga saat di akhirat ia tidak rela masuk neraka sendirian tanpa kedua orang tuanya. Cerita ini menggambarkan perilaku buruk anak yang dapat menyebabkan kesulitan orang tua di akhirat.

Sebaliknya, dijumpai pula anak sholeh yang tidak akan tenang tinggal di surga sendirian dan membiarkan kedua orang tuanya masuk neraka karena sejak kecil ia selalu diingatkan untuk rajin mengaji oleh kedua orang tuanya. Meski kedua orang tua tersebut tidak ikut melakukan amal mulia saat hidup di dunia, namun bimbingan dan doa yang ia tujukan untuk anaknya telah mengantarkannya ikut merasakan nikmatnya alam surga.

“Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengajarkan nilai-nilai luhur pendidikan dan keteladanan budi pekerti Islami kepada anak. Orang tua yang baik adalah orang tua yang mampu menjadi panutan anaknya dalam mengerjakan amal kebaikan. Mari jadikan momen Ramadhan tahun ini sebagai titik balik untuk memperbaiki kualitas keimanan diri sendiri sehingga dampak baiknya bisa kita rasakan di bulan-bulan selanjutnya,” tambah Ustadz Yusuf yang diamini oleh para jamaah pengajian.

“Ceramah Ustadz Yusuf sangat inspiratif. Semoga silaturahmi malam ini mampu meningkatkan semangat belajar para santri di hari-hari selanjutnya. Kami berharap masyarakat yang hadir dalam acara wisuda dan pengajian malam ini juga ikut termotivasi untuk terus mempelajari Al-Quran sebagai pegangan hidup yang utama bagi umat Islam,” demikian harapan Ustadzah Laila, salah satu pengajar TPQ Al-Ihsan, memungkasi acara malam hari itu.

About Rumah Cerdas Islami | Pusat Bimbel Islami dan Training Center 42 Articles
Rumah Cerdas Islami (RCI) adalah Pusat Bimbingan Belajar (Bimbel) Islami dan Training Center yang didirikan oleh Yayasan Rumah Cerdas Islami dengan SK KEMENKUM HAM RI No : AHU-0027359.AH.01.04 Tahun 2015. Izin legal formal Rumah Cerdas Islami sebagai lembaga kursus dan pelatihan Nomor : 563/0638/415.21/2016. Adapun maksud dan tujuan Rumah Cerdas Islami adalah sebagi berikut : 1. Bidang Sosial, menyelenggarakan lembaga pendidikan formal & Non Formal 2. Bidang Kemanusiaan, memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat pada umumnya 3. Bidang keagamaan, meningkatkan pemahaman keagamaan serta syiar agama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*