Berbagi Motivasi Pendidikan Anak di Training Spiritual Parenting SD Jantiganggong 2 Perak Jombang

Berbagi Motivasi Pendidikan Anak di Training Spiritual Parenting SD Jantiganggong 2 Perak Jombang

Berbagi Motivasi Pendidikan Anak di Training Spiritual Parenting SD Jantiganggong 2 Perak Jombang

Kamis, 2 Juni 2016, merupakan hari yang istimewa bagi Rumah Cerdas Islami (RCI) karena RCI dapat bersilaturahmi dengan kurang lebih 250 orang Sahabat RCI dalam acara Wisuda Siswa dan Training Spiritual Parenting SDN Jantiganggong 2 Desa Jantiganggong Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Acara Spiritual Parenting dilaksanakan pada siang hari setelah wisuda siswa. Dalam kegiatan tersebut, Ustadz Muhammad Yusuf, S.Psi., pendiri Rumah Cerdas Islami berkesempatan berbagi motivasi pendidikan anak kepada audiens yang hadir.

“Proses belajar siswa di sekolah sangat ditentukan oleh motif belajarnya dan terpenuhinya kebutuhan belajar siswa, baik yang bersifat fisik maupun psikologis,” ujar Ustadz Yusuf membuka acara training. Kebutuhan fisik berupa terpenuhinya fasilitas belajar yang diperlukan siswa. Sedangkan kebutuhan psikologis berupa perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Keduanya merupakan kombinasi yang mutlak diperlukan oleh siswa agar proses belajarnya optimal.

Dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar siswa di sekolah, maka peranan orang tua di dalam membangkitkan motif belajar anak serta menyediakan kelengkapan kebutuhan belajar sangat krusial sekali. Tanpa dukunga dari orang tua maka motivasi belajar anak akan menurun dan akan mengakibatkan anak malas belajar, semangat dan konsentrasi belajar rendah, tugas-tugas belajar tidak dapat diselesaikan dengan baik dan pada akhirnya anak tidak dapat mengikuti proses belajar dengan baik.

“Keberhasilan pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, menguras tenaga dan segenap upaya manusia, serta memerlukan proses dan waktu yang lama. Meski demikian, para orang tua hendaknya tidak berpatah semangat karena hasil dari pendidikan akan kembali lagi ke anak dan orang tua tersebut. Keberhasilan anak adalah kebanggaan orang tua,” pungkas Ustadz Yusuf yang diamini oleh peserta yang hadir dalam training spiritual parenting hari itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *